Sebuah Renungan Headline Animator

19 Juni 2009

TANAMAN DAN BUAH SUPER UNTUK NUTRICOSMETIC

Kegandrungan akan makanan bergizi untuk kesehatan dan menangkal penyakit telah memunculkan istilah buah super. Pengertian super juga dikenakan pada jenis-jenis makanan lain seperti sayuran, tanaman obat dan lainnya. Industri makanan dan minuman fungsional ikut berebutan memanfaatkan citra kesuperan tersebut untuk produk makanan dan minuman kesehatan yang juga berfungsi kosmetik (nutricosmetic), yakni memelihara kecantikan.


Julukan super di sini mencitrakan selain kaya nutrisi, juga kaya kandungan bahan lain seperti antioksidan yang menunjang pemeliharaan kesehatan dan menangkal aneka ragam penyakit. Perhatian industri pada buah-buahan dan tanaman super tersebut meningkat oleh kecenderungan berkembangnya nutricosmetic yang menekankan pada asupan nutrisi dan zat-zat pemelihara ketahanan dan penangkal penyakit yang sekaligus memelihara kecantikan.

Ram Chaudhari, ilmuwan senior dan pimpinan perusahaan Fortitech dalam ”Asia Pacific Food Industry” menggambarkan nutricosmetic menawarkan produk kaya nutrisi yang bila dikonsumsi bisa memperbaiki penampilan luar keseluruhan seseorang. Pada tahapan sekarang ini pasar baru mulai bertumbuh untuk nutricosmetic pemeliharaan kulit yang sejauh ini masih menjadi perhatian utama konsumen.

Tetapi pasar terbuka cukup lebar, tidak terbatas hanya pada kalangan konsumen wanita, tetapi juga sudah meluas kepada pihak pria. Karena suatu kesadaran baru telah muncul dan meluas, yakni bahwa kesehatan dan penampilan bisa meningkatkan sukses seseorang di banyak aspek kehidupan.

Buah-buah super yang kini menjadi pilihan populer untuk pemeliharaan kesehatan meliputi delima, manggis, buah naga, noni, acai (berry dari Amazon), sea-bucthorn, gooseberry India, yumberry dsb. Sedangkan tanaman yang dinilai super di antaranya lidah buaya (aloe vera). Aloe vera mengandung 20 jenis asam amino, banyak mineral seperti kalsium, magnesium dan natrium, juga enzim-enzim, vitamin, polisakarida, nitrogen dan sebagainya.

Dari tanaman dan buah-buah super tersebut diperoleh berbagai zat atau bahan yang bisa memberi kesehatan dan kecantikan kulit, seperti kolagen, elastin, omega 3 dan lainnya. Kolagen dan elastin merupakan dua komponen utama dalam jaringan konektif kulit yang bersifat anti pengkerutan. Sedangkan omega-3 berguna untuk peremajaan bangunan sel-sel tubuh.

Diakui, riset klinis mengenai manfaat kesehatan bahan-bahan yang dikandung tanaman dan buah-buah super tersebut masih pada tahap awal. Namun, di berbagai kelompok etnis sudah membudaya pemahaman tentang manfaat kesehatan buah-buah super tersebut dan memasukkannya dalam diet mereka. Khasiat yang mereka yakini terpusat pada kapasitas antioksidan yang terkandung untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan hingga menahan penuaan.

Sumber : www.sinartani.com

Comments :

0 komentar to “TANAMAN DAN BUAH SUPER UNTUK NUTRICOSMETIC”

Posting Komentar

Pengunjung

Waktu Sholat

Arsip

 

Copyright © 2009 by Dunia Pertanian Indonesia