Sebuah Renungan Headline Animator

19 Juni 2009

Membuat Nanas Berbuah Sesuai Jadwal

Waktu dan jumlah tanaman Nanas (Ananas comosus L. Merr.) berbuah di kebun bisa diatur. Petani bisa menjadwal panen setiap minggu dengan jumlah tertentu disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Cara untuk menjadwal tanaman buah nanas tidaklah susah. Pertama, persiapkan bibitnya. Untuk mendapatkan bibit nanas sebaiknya menggunakan tunas akar. Caranya: tanaman nanas dibongkar kemudian pisahkan tunasnya, pilih tunas yang daunnya sehat, tebal dan rimbun; daun-daun di sekeliling pangkal tunas dibuang, tinggalkan ± 1/3 bagian untuk mengurangi penguapan dan mempercepat pertumbuhan akar.


Sortirlah bibit-bibit tersebut. Caranya dengan mengelompokkan, bibit-bibit yang besar dalam satu kelompok terpisah dengan bibit yang lebih kecil. Pemisahan ini dilakukan untuk memudahkan perlakuan dan pemeliharaan.

Kedua, lakukan pengolahan tanah. Tanah dicangkul atau dibajak ± 30 cm dan diratakan. Pada tanah datar dan basah dibuat parit untuk mengatur drainase (pengairan). Buat barisan lubang tanam sesuai dengan kondisi di lapangan, bila tanaman nanas ditanam pada lahan miring maka sebaiknya pembuatan bedengan mengikuti kontur.

Ketiga, penanaman. Cara tanam dapat dilakukan dengan menggunakan sistem baris tunggal atau ganda (berbaris dua atau tiga). Tiap lubang ditanam 1 tanaman. Pada sistem tanam tunggal, jarak antar tanaman 35-50 cm, sedangkan jarak antar baris 80-100 cm. Pada sistem tanam ganda, jarak tanam dalam satu baris 50-75 cm, sedangkan jarak tanam antar barisan ±150 cm. Pada sistem tanam baris dua dengan jarak dalam barisan 50 cm, jumlah populasi per hektar ±20.000 tanaman.

Keempat, pada saat umur 8-10 bulan umumnya tanaman nanas mulai berbuah. Kapan bisa dilakukan perlakukan agar tanaman bisa berbuah sesuai keinginan petani? Ada tanda-tanda yang perlu diketahui. Tandanya yakni: kalau ada 1.000 populasi tanaman nanas, lalu ditemukan terdapat 2-3 tanaman yang berbuah sendiri.

Sumber : www.sinartani.com

Comments :

0 komentar to “Membuat Nanas Berbuah Sesuai Jadwal”

Posting Komentar

Pengunjung

Waktu Sholat

Arsip

 

Copyright © 2009 by Dunia Pertanian Indonesia