Sebuah Renungan Headline Animator

22 Juni 2009

Daun Ubijalar Dongkrak Trombosit

Polifenol

Menurut dr Arijanto Djonosewodjo SpPD, ahli penyakit dalam dan herbalis di RSUD Dokter Sutomo, Surabaya, kandungan polifenol dalam daun ubijalar berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terdongkrak mampu melawan virus yang menyerang tubuh. Rebusan herbal biasanya berguna jika trombositnya belum turun sekali, di bawah 50.000.


Hasil riset Dr Shahidul Islam, peneliti dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat, menunjukkan setiap 100 gram daun ubijalar segar kultivar suioh mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg besi, 3,5 mg karoten. Selain itu daun Ipomoea batatas itu juga mengandung 7,2 mg vitamin C, 1,6 mg vitamin E, dan 0,5 mg vitamin K, vitamin B, betakaroten, serta protein.

Hasil riset itu membuktikan bahwa daun ubijalar kaya akan kandungan 15 antosianin dan 6 jenis polifenol dan asam fenolik. Asam fenolik yang terkandung seperti dicaffeoilqynat, asam dicaffeoilquinat, mokodaffeoilquinat, dan kaffeat. Menurut Shahidul kandungan antosianin dan polifenol dalam ubijalar berguna sebagai antioksidan, antiperadangan, bahkan antikanker.

Selain daun ubijalar, herba lain yang mujarab mengatasi demam berdarah adalah daun jambu biji. Daun jambu biji Psidium guajava mengandung aldehid, guanin, dan quercentin. Yang disebut terakhir senyawa pokok penambah jumlah trombosit. 'Kadar di buah jambu biji lebih sedikit daripada di daun. Kandungan di selembar daun bisa sama dengan di sekilo buah,' ungkap Suprapto Maat.

Menurut Prof Dr Sumali Wiryowidagdo dari Pusat Studi Obat Bahan Alam Universitas Indonesia, quercentin menghambat enzim pembentuk RNA virus dengue. 'RNA berperan dalam sintesis protein. Jika pembentukan RNA terganggu, menyebabkan virus mati sehingga jumlah trombosit meningkat,' ujar guru besar Fakultas Farmasi Universitas Indonesia itu.

Gunakan daun jambu biji yang tidak terlalu tua dan muda. Jika terlalu tua, flavonoid mengalami oksidasi sehingga kurang efektif meningkatkan trombosit. Pada daun muda, kandungan flavonoid masih rendah. Flavonoid dalam daun jambu biji dan polifenol dalam daun ubijalar berfungsi sama: meningkatkan kadar trombosit.

Sumber : www.trubus-online.co.id

Comments :

0 komentar to “Daun Ubijalar Dongkrak Trombosit”

Posting Komentar

Pengunjung

Waktu Sholat

Arsip

 

Copyright © 2009 by Dunia Pertanian Indonesia